Kamis, 02 Februari 2012

Polusi

Bumi menyediakan udara, air bersih, tanah. Tetapi sekarang sudah banyak yang rusak karena tercemar oleh limbah dan zat bebahaya lainnya dalam jumlah besar. Inilah yang dimaksud dengan polusi.

  • Tercemarnya dunia
Pencemaran pada air, tanah, dan udara saling berkaitan. Asap mencemari udara, tetapi hujan membawa kotoran masuk ke dalam air dan juga ke dalam tanah. Sebagian besar pencemaran terjadi karena perbuatan dan kegiatan manusia.
  • Hujan asam
Asap dan gas dari pabrik dan kendaraan yang bercampur dengan air di udara menghasilkan asam. Kemudian asam ini terbawa angin dalam awan, hingga beribu-ribu kilometer. Dan setelah itu terjadilah hujan asam. Hujan asam dapat membahayakan bangunan juga dapat mematikan tumbuhan dan mencemari lingkungan sekitar.
  • Pencemaran pada udara, air, dan laut
Banyak terjadi pencemaran pada udara, contohnya seperti asap pabrik, bahan bakar stasiun pembangkit listrik, bahan bakar pesawat terbang, dan hutan yang terbakar. Lalu pencemaran pada air contohnya seperti sungai yang tercemari oleh limbah pabrik, dan sampah masyarakat. Dan pencemaran pada laut contohnya seperti air sungai yang mengandung racun mengalir ke laut, pembuangan limbah atau bahan kimia ke laut, dan memancing ikan menggunakan bom atau racun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar